Iklan

MISTERI WAJAH PATUNG PANCORAN

Foto: Dok. Rudy Sunandar (Instagram @ryu_rudy)

Jakarta - Netizen di media sosial tengah memperbincangkan wajah Patung Pancoran. Sebab, wajah Patung Pancoran diabadikan dengan drone oleh Rudy Sunandar. Sebagian besar dari mereka berujar baru pertama kali melihat wajah patung tersebut. Siapakah sosok wajah di Patung Pancoran?

Pembuatan patung yang bernama asli Patung Dirgantara itu digagas oleh presiden pertama RI Sukarno. Ia terinspirasi oleh apa yang dilakukan oleh kosmonaut asal Rusia, Yuri Gagarin.

Pemahat Edhi Sunarso-lah yang dipilih oleh Sukarno untuk mewujudkan gagasan tersebut. Sukarno meminta patung dibuat dari perunggu dan dibangun di depan markas TNI AU.

Wajah Patung Pancoran mengambil sosok Gatot Kaca. Sedangkan bentuk tangan patung yang seperti hendak terbang memiliki nilai filosofi agar anak muda memiliki cita-cita setinggi langit.

"Idenya (terinspirasi) dari Yuri Gagarin, kosmonaut Rusia yang pertama kali ke luar angkasa. Bung Karno dengan pembangunan patung itu ingin menyampaikan pesan agar anak muda mempunyai kemampuan seperti Yuri Gagarin," ucap sejarawan LIPI, Asvi Warman, saat berbincang dengan detikcom beberapa waktu lalu.

Sempat muncul mitos tentang arah tangan menjulur Patung Pancoran. Ada yang mengatakan arah tangan tersebut menunjuk lokasi harta yang disimpan oleh Sukarno. Ada pula yang mengatakan menunjuk ke Rusia sebagai kiblat politik Indonesia saat itu. Namun Asvi membantahnya.

"Tidak ada maknanya apa-apa itu menunjuknya," kata Asvi.

Sumber : detik.com


MISTERI WAJAH PATUNG PANCORAN MISTERI WAJAH PATUNG PANCORAN Reviewed by Unknown on April 11, 2017 Rating: 5

No comments:

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan/Please if you want to comment, but please use polite language

Powered by Blogger.